Sabtu, 30 Agustus 2014

Cuap-Cuap Kafe #7 Friendship


Friendship
Hai! Assalamualaikum. Ini adalah hari ke-30 gue kerja. Gue udah mulai betah. Sumpah. Ini pertama kali gue kerja dan berkesaaaaaaaan banget kerja di sana. Jailnya si sabun, gombalannya si onta, dan saat-saat ngerumpi sama mahabarata. Ah… bakalan berat banget buat ninggalin mereka. Onta, sabun, mahabarata, kazao, robot, kutcher, bang dangdut, bu nikita mirzani, sama bu akunting (beberapa tokoh gue lupa nama samarannya. Hehe.)
Tapi, ini resto tuh emang ancur banget manajemennya. September nanti Mahabarata keluar. Dia udah muak-wak-wak-wak sama manajemen di situ. Dia sering bentrok sama manajer eksternal. Habis itu, si onta juga mau keluar. Tapi belum tau mau keluar bulan apa. Kayaknya sih masih besok 2015. Kalau si sabun, dia masih santai.
Sementara gue, gue juga bakalan keluar. Oktober. Gue harus fokus sama tujuan gue. Nyari modal dan nyari pengalaman. Di sini gue dapet pengalaman. Tapi nggak dapet modal. Minim banget bro gajinya. Kapan gue bisa buka usaha, kalau duitnya nggak kekumpul kumpul?
Hal paling menonjol yang jadi sumber masalah emang gaji. Gaji di sini minim. Masa si onta udah setahun kerja gajinya nggak naik-naik. 600ribu terus. Padahal kerjanya berat lho. 12,5 jam dengan istirahat 2,5 jam. Dia job utamanya kasir, tapi juga harus muter nganter pesenan pelanggan (ngerangkep waiter) dan seminggu dua kali musti kena giliran cuci piring. Gilak! Berat banget kan tugasnya. Manajernya tega. Tapi, para karyawannya juga menurut gue bisa dibilang males sih. Males nyari pekerjaan baru. Jadi, mereka terima-terima aja kerja berat dengan gaji sekian. Ya itu hak mereka sih. Toh di situ mereka makan gratis dan dapet kos. Dan, mereka juga ternyata pendidikannya rendah. Si onta itu lulusan SMP, si sabun kayaknya juga. Itu sebabnya gaji mereka rendah. Kalau si Kazao, dia lulusan SMK. Jadi gajinya bisa 850ribu. Tapi apa hanya karena ijazah trus gaji mereka ditentukan? Jelas-jelas si onta itu kerjanya bagus, lho. Jadi menurut gue, dia harusnya layak dapet kenaikan gaji.
Kalau mau dijabarin tuh, masalahnya banyak banget. Ini resto ibarat masih belajar jalan. Masih sering jatuh. Dari segi marketing, kualitas pelayanan, kesejahteraan karyawan, sistem manajemen dan banyak lagi. Setelah gue telisik, penyebabnya adalah sistem manajemen. Di sana nggak memberlakukan sanksi ketat tentang kedisiplinan dan nggak ada sistem bonus. Jadi, mau dateng telat ya mereka PD PD aja. Dan kerjanya jadi males-malesan, karena mau kerja maksimal atau minimal pun nggak ada bonusnya. Mana gaji rendah banget pula. Jadi, nggak ada semangat kerja. Akibatnya, pelayanan ke pelanggan jadi nggak prima. Akibatnya, banyak pelanggan yang kapok. Akibatnya, marketing jadi macet. Akibatnya, income pun jadi dikit. Akibatnya, gaji nggak naik-naik. Akibatnya, karyawan nggak betah. Akibatnya, karyawan pada minggat. Akibatnya, resto jadi kekurangan tenaga. Akibatnya, pelayanan ke konsumen makin nggak prima. Akibatnya, makin dikit konsumen yang sudi makan di situ. Akibatnya, income makkkkkkiiiiiiin tipis. Trus…. Wassalam deh nih resto.
Ya, itu dari segi teknis. Sekarang gue mau ngomongin tentang kehidupan sosial. Kerja di resto ini tuh bener-bener comfort zone. Walaupun gaji minim, tapi dengan aturan yang nggak jelas, mereka bisa kerja seenaknya sendiri. Nggak ada rasa tertekan, nggak ada kekangan dari atasan, bener-bener nyantai deh kerjanya. Manajer mau nyalahin juga nggak berani keras-keras, karena balik lagi ke masalah gaji. Para karyawan bakalan mau disiplin asal gaji dinaikin. Nah, mana berani manajer kalau udah diancem pakai tuntutan kenaikan gaji. Profit di resto ini kan dikit. Mau naikin gaji pakai apa? Pakai daun pisang? Kalau daun pisang mah banyak di dapur, buat alas ayam penyet hehehe.
Oke, balik lagi ke poin utama. Masalah sosial. Emm… karena kerja di sana adalah comfort zone (dengan segala kebebasan yang ada), jadi pertemanan antar karyawan pun enak. Nggak ada yang saling iri dll. Walaupun dulu pas awal gue kerja si sabun rada iri sih sama gue. Tapi, semuanya jadi nyaman banget sekarang. Duuuh… sumpah. Berat banget ninggalin mereka. Yang paling deket sama gue di sana ya si sabun, si onta, sama mahabarata.
Di ujung bulan Agustus ini, gue mulai mikir. Kalau gue resign mereka bakal kayak gimana ya?
Si sabun, ini anak tuh bener-bener nyantai. Yang dipikirin cuma cewek cantik. Prinsipnya, makin sulit didapetin tuh cewek, makin cantik! Play boy abis! Gue nggak begitu care kalau sama nih anak. Gue cuma sebatas enjoy aja temenan sama dia. Habis, dia humoris banget. Sok keren, belagu, tengil, jail banget pula. Sialan! Satu-satunya orang di resto yang selalu bisa bikin gue ketawa ngakak ya cuma nih orang. Dari dia gue belajar tentang cara bergaul sama cowok. Maklum, selama ini temen gue cewek semua.
Trus, kalau si onta, nih anak sedikit lebih kalem. Walau juga bad boy, tapi dia sebenernya fragile. Rapuh. Wussss… tapi iya bener. Dia sebenernya nggak setegar tampilannya. Latar belakang keluarganya buruk. Bapaknya nggak tanggung jawab. Bikin dia punya trauma masa kecil. Intinya, dia kurang kasih sayang dari keluarganya. Itu sebabnya dia nyari kesenangan di dunia luar. Parahnya, dia nyari kesenangan itu di dunia yang yaaa… cukup keras kalau gue bilang. Dia hobi nongkrong di daerah perjudian, daerah produsen minuman keras. Dia kalau nongkrong tuh habis kerja sekitar jam sebelas sampe jam empat pagi. Kadang kalau jam empat gue bangun buat solat subuh, tuh anak bikin status yang isinya baru mau tidur. Kelelawar bangetlah. Batman. Nokturnal. Dia penikmat Night life gitu lah. Temen-temennya ya semacam orang-orang kayak begitu semua. Rasanya pengen banget negur tuh anak biar balik ke jalan yang lurus. Gue Cuma pengen, supaya kelak dia nggak jadi kayak bapaknya. Dia bilang dia pengen punya kehidupan sendiri yang lebih baik. Tapi kalau dia sendiri nggak meningkatkan kualitas diri, ya gimana mau punya kehidupan yang lebih baik. Dia udah kadung jatuh cinta sama dunia malam. Dunia yang bebas, yang lupa Tuhan, dan lupa kalau kelak dia bakal jadi Bapak untuk anak-anaknya, yang mana seorang bapak harus punya sifat bijak supaya bisa mimpin keluarga. Pengen banget gue nyeramahin tuh anak. Pokoknya sebelum gue keluar, sebelum gue berpisah sama mereka semua, gue harus ngadain ESQ privat sama tuh anak.
Selanjutnya mahabarata. Dia ini udah 28 tahun. Sedikit feminis walau dia cowok. Dia yang pikirannya paling dewasa. Mungkin juga karena faktor U. Umur. Hehe. Dia sering nyeramahin si sabun sama si onta. Tapi mereka malah pada sebel kalau diceramahin mahabarata. Padahal maksudnya baik. Supaya mereka bisa berpikir panjang. Berpikir tentang masa depan mereka. Tapi, yaaaa… si sabun sama si onta itu kadung jatuh cinta sama kesenangan sesaat. Mereka mikirnya, kerja-dapet duit-hura hura. Tapi mereka nggak mikirin tentang tabungan masa depan dan lain-lain.
Haaaah…. Nyesek banget deh rasanya bakal ninggalin mereka. Gue nggak bakalan bisa haha-hehe lagi bareng mereka. Gue bakalan kanget kebiasaan kebiasaan kecil di sana. Kalau mau tutup, dan udah nggak ada pelanggan, si onta pasti ganti musik resto jadi musik yang metalllll abis. Jadilah, jam setengah sebelas malem, saat jalanan udah mulai sepi, resto jadi satu-satunya sumber kebisingan. Dengan musik jedag-jedug dan teriakan-teriakan nggak karuan dari musiknya si onta. Trus, kebiasaan lain yang bakal bikin kangen jelas kebiasaan nganter makanan. Secara gue bagian waiter. Paling sebel tuh kalau nganter ke lantai atas. Musti naik turun tangga. Apalagi kalau yang dianter milk shake atau jus. Gelasnya itu tinggi banget dan goyang-goyang gitu. jadi musti ati-ati banget. Berasa kayak lagi lomba tujuh belasan. Lomba bawa kelereng pake sendok diganti lomba bawa jus. Karena sama-sama musti ati-ati. Trus, kebiasaan lainnya lagi adalah ngeganti musik resto pas manajer nggak ada. Kalau lagunya si onta, itu lagu wajib pas penutupan resto. Tapi, kalau pas manajer lagi pada nggak ada, lagu wajibnya adalah lagu-lagu gue. wahahaha…. Jadi, di sana gue berani iseng juga lho. Kalau manajer nggak ada, gue ganti lagu-lagunya jadi lagu-lagu yang up to date. Kayak katy perry, david guetta, beyonce, wuiiiiih… keren. Kalau biasanya kan lagunya paling-paling Peterpan, Vina Panduwinata, Yovie Nuno. Ya sebenernya enak juga sih didenger. Tapi kalau tiap hari, apa nggak bosen banget? Trus,,,, masih seputar lagu. Di sana lagunya sandy sandoro ‘Tak Pernah Padam’ adalah lagu favorit semua umat di resto itu. Gue, si sabun, sama si onta, sukkkkkkaaaaaaa banget sama lagu itu. Yang lainnya juga pada suka. Tapi yang paling ngebet sama nih lagu ya kita bertiga. Kalau nih lagu udah muter, si sabun karaoke. Suaranya emang keren sih. Trus, kalau si onta, dia bakal lip sing sambil sok jadi aktor video klipnya gitu. Akting, gaya-gaya lagi memuja cewek gitulah. Parahnya gue yang digodain. Aaaaah… bodo amat. Gue milih nyanyi-nyanyi sendiri. Gue udah kebal digodain tuh anak. Jadi nggak mempan gombalannya. Wkwkwkw…
Duuuh… Ya Allah… aku sayang mereka. Seru banget temenan sama mereka. Akhir-akhir ini bahkan gue berdoa lho buat mereka. Supaya mereka kembali ke jalan yang lurus. Terutama si onta. Gue bener-bener care sama kisah hidupnya. Oh God… nangis kan gue. Hiks-hiks.
Yeah well, gue harus fokus sama tujuan gue. Gue harus meninggalkan zona nyaman gue lagi. Gue nggak bisa terus-terusan kerja di sana. Gue harus nyari cara lain supaya bisa dapet modal. Yang jelas gue harus bisa kaya! Ya! Kaya! Kaya hati, kaya harta. Dan you know what, si mahabarata menilai kalau gue tuh punya bakat jadi orang kaya. Hahaha. Amin. Bakat jadi orang kaya? Jadi orang kaya perlu bakat juga ya ternyata. Haha.
Lagu penutup: Sandy Sandoro ‘Tak Pernah Padam’ dan Katy Perry ‘Roar’


Tidak ada komentar: