Minggu, 03 Agustus 2014

Cuap-Cuap Kafe #1. Karakter para karyawan

Hai! Assalamu’alaikum. Salam sejahtera.

Yup, jadi kali ini gue mau cerita tentang pengalaman gue kerja paruh waktu (part time) di sebuah rumah makan di Solo. Well, yang mau gue ceritain hari ini adalah tentang rupa-rupa warnanya para karyawan di rumah makan itu—yang menurut gue wow karena sebelumnya gue belum pernah kerja, apalagi kerja di rumah makan.

Oke, jadi posisi gue adalah sebagai waiter. Tapi karena rumah makan tempat kerja gue ini kekurangan pegawai, jadi gue merangkap sebagai kasir dan helper. Tugas kasir ngertilah. Nah kalau helper ini ya kayak motongin wortel gitu-gitulah. Tapi ya dalam kapasitas kecil karena tugas utama gue waiter. Cuma kalau bener-bener dibutuhin tenaga tambahan aja gue berubah jadi supermen ups helper maksud gue—oke gue sadar joke gue barusan garing. Skip!

Oke, gue mau kenalin dulu karyawan-karyawan di rumah makan tempat gue kerja. Tapi sebelumnya gue mau jelasin kalau gue nggak bisa sebut merk di sini. Nggak bisa sebut nama orang, nama merk, nama instansi, dll. Jadi semua serba disamarkan. Takut digaplok sama yang bersangkutanlah gue.
Oke, kalau gitu. langsung aja cus gue jelasin para karyawan tersebut. So here they are:

1.       Si Mas Sabun Panu. Nama samaran yang gue pilih buat dia adalah Sabun Panu karena namanya mirip merk sabun panu jaman dulu. Jabatannya sama kayak gue. Waiter. Dia lumayan cakep. Orang pertama yang gue nilai cakep pas pertama kali kerja ya do’i. Ehem-ehem… tapi tuh orang nyebelin. Nggak ada toleransinya sama anak baru. Ya sebenernya sih dia nggak galak, nggak judes, nggak jutek. Tapi dia kurang ramah aja dibandingin sama karyawan lain. Jadi gue males banget kalau kebagian jatah kerja sama dia. Tapi masalahnya, jabatan gue tuh sama kayak dia. Sama-sama waiter. Jadi ya gue bakalan sering-sering ketemu dia. Hiiiih… gue sering monyong-monyongin bibir atau melet sekalian kalau tuh orang lagi nggak liat gue. Habis nyebelin sih. Dia juga tiap kerja datengnya telat. Trus kalau istirahat pasti molor lama banget. Kan jadi gue yang kerja. Trus, dia juga kayaknya iri sama gue. Karena sistem gaji gue beda sama karyawan lama. Lebih gede gitu gaji gue—walaupun masih di bawah dia sih. Tapi buat ukuran part time, gaji gue hampir sama kayak dia yang full time. Jadi dia agak gimana gitu ke gue. Agak nyebelin sikapnya. Efek iri mungkin.

2.       Si Aktor.  Nama samaran yang gue pilih buat dia adalah Aktor, karena namanya mirip aktor di film My Heart. Tampangnya rada arab. Cakep, tapi pendek. Tapi nggak masalah dia mau kayak gimana fisiknya. Yang jelas dia baik banget. Nggak kayak si sabun panu. Si aktor ini jabatannya sebagai kasir. Trus, si aktor ini enak diajak ngobrol. Kalau lagi sepi pelanggan, gue biasa ngobrol sama dia. Dia cerita kalau dia dulu anak bandel. Suka merantau. Lulus SMP nggak mau lanjut SMA tapi main-main nggak jelas gitu. Sampai ortunya marah. Trus dia milih kerja.  Pernah kerja di Semarang, Bekasi, trus akhirnya nyasar ke Solo. Yaaaa tiap orang beda-beda sih. Kalau dia emang hidupnya suka merantau, ya silakan. Life is a choice, men. And everybody has their right to create their life. Tapi, yang nggak gue suka dari dia adalah dia males solat. Malessssss banget. Mau gue ingetin, ntar dikira sok perhatian. Padahal gue emang nggak suka liat orang nggak solat. Duh… serba salah deh.

3.       Si Manusia Robot. Namanya gue ganti jadi manusia robot karena orangnya emang kaku, lugu gitu. Tapi murah senyum. Dia juga orang yang masuk kategori ‘Best Buddies in My Work Field’. Hehe itu kategori gue sendiri yang buat. Jadi lo-lo pada nggak boleh protes. Dia jabatannya jadi bartender. Pembuat minuman gitu. Dari es teh sampe ice cream dia yang buat. Trus, apalagi ya yang mau gue ceritain? O ya, gue kan satu-satunya cewek di bagian operasional, nah gue dijodoh-jodohin terus tuh sama si Manusia Robot ini. Mentang-mentang gue berjilbab, trus si manusia robot ini yang paling alim di sana, gue jadi dijodoh-jodohin terus. Yah… sekarang si Manusia robot jadi agak gimana gitu kalau harus berkomunikasi sama gue. Kayak jaga jarak gitu. Gue jadi kehilangan satu temen baik deh di sana. Gara-gara si Mahabarata yang rese nyomblangin gue, sih!

4.       Si Mahabarata. Namanya gue ganti jadi Mahabarata karena mas yang satu ini rada ngondek dan suka banget nonton film india. Pokoknya kalau malem, TV di resto dia yang nguasain. Chanel-nya harus ANTV. Nonton mahabarata, hatim, atau apalah itu. Dia jabatannya koki. Dia salah satu Best Buddies juga. Dia ramah. Kalau gue salah, ditegurnya juga halus. Tapi resenya, dia nih biang kerok yang suka ngejodoh-jodohin gue sama manusia robot. Masa gue mau diajak liburan ke suatu kota. Pas gue nanya, “Ke mana mas?” Trus dia jawab, “Ke rumahnya si robot.” Gue nanya lagi, “Dalam rangka apa, mas?” Trus dia jawab “Dalam rangka silaturahmi ke ortunya si robot. Biar kenal.” Aduuuuh. Rese kan? Sekalian aja gue tantang, “Kenapa nggak ke rumah gue aja dulu mas? Deket dari sini lima menit doang!” Pas gue bales gitu, langsung berbahagialah dia. Tiba-tiba muncul sayap putih dari punggungnya, trus dia sambil membawa harpa terbang ke angkasa. Dia tertawa menang, dan langsung mengolok-olok si manusia robot yang lugu. “Nah Tuh, Mbak Riris udah bersedia ngenalin orang tuanya ke kamu, tuh! Mbak Riris mau ngajakin kamu ke rumahnya!” gitu bilangnya ke manusia robot. Biarin. Biar hepi deh tuh cupid botak—dia emang botak. Dan oh ya, si Mahabarata ini juga sering salah manggil gue. Nama gue berubah jadi Riris gara-gara dia. Aduuuuh…. Ini cupid tapi budeg ya. Ntar kalau ada yang request “Cupid, tolong jodohin gue sama Budi.” Ntar tuh cupid malah ngejodohin sama si Udin lagi. Hadeh…

5.       Kazao. Namanya gue ganti jadi Kazao, karena mukanya kotak kayak temennya Sinchan, si Kazao. Dia jabatannya koki. Dia agak jutek. Tapi gue rasa dia jutek karena dia nggak gampang beradaptasi. Makanya dia nggak banyak omong. Nggak banyak yang bisa gue ceritain tentang dia. Setau gue ya dia cakep, tapi pendek. Trus, ya jutek. Itu doang yang gue tau. Tapi walaupun jutek gue masih fine fine aja kalau komunikasi ama dia. Nggak kayak sama si sabun panu. Gue males banget sama si sabun panu. Tau deh kenapa. Oh ya, Mas Mahabarata juga kadang ngejodoh-jodohin gue sama Kazao. Mentang-mentang nih anak juga pendiem, jadi sering dikerjain. Salah satu bentuk keisengannya ya dijodoh-jodohin sama gue.

6.       Kutcher. Namanya gue ganti jadi Kutcher karena nama itu asik buat lucu-lucuan dan emang nama asli si mas satu ini mirip sama nama depan aktor bule bernama belakang kutcher. Mas yang satu ini juga jutek. Dia habitatnya sama kayak si Kazao, di dapur karena dia sama-sama koki kayak Kazao. Secara fisik dia kayak temennya Masha, si beruang itu tuh. Karena dia emang bodinya rada jumbo. So far, dia gue ikutkan ke dalam kategori NyebNyeb people. Alias kategori orang nyebelin, nemenin si sabun panu. Ya karena jutek itu gue malesnya. Kalau si Kazao, walaupun dia jutek, tapi gue masih enjoy karena juteknya dia itu beda. Dia jutek disebabkan karena dia nggak gampang beradaptasi. Sementara kalau si Kutcher ini, tau deh kenapa. Mungkin karena dia cape masak kali ya, jadi bawaannya cemberut terus.

7.       Mawar. Nah, kalau ini jabatannya udah tinggian. Manajer internal. Dia yang ngurusin kepegawaian. Dia yang nelepon-nelepon para pegawai, ngawasin kerja pegawai, gitu-gitu deh. Dia ini bodinya yahut. Wajahnya mirip nikita mirzani. Kebayang kan? Tapi beliau ini berhijab. Bajunya juga nggak ketat. Terbilang sopan lah cara berpakaiannya. Tapi tetep aja cantiknya keliatan. Padahal udah punya dua anak. Tapi, suaminya udah tua. Tau deh kenapa mereka bisa kawin. Ups,,, udah. Kok malah ngegosipin rumah tangga orang. Well, beliau ini karakternya ramah juga. Baik sama pegawai. Tapi denger punya denger, beliau ini kurang profesional. Masih berantakan gitu ngatur pegawainya. Tapi… ya udahlah. Untuk saat ini gue belum bisa menilai banyak. Soalnya gue sendiri juga masih proses adaptasi. Dan oh ya, namanya gue samarin jadi Mawar karena gue udah pusing mikirin nama samaran. Jadi, sebut saja mawar.

8.       Melati. Yang ini juga gue udah pusing mikirin nama. Jadi sebut saja Melati. Beliau ini jabatannya akuntan. Beliau lebih tua dari Bu Mawar. Beliau juga ramah. Nggak banyak yang bisa gue ceritain tentang beliau. Yang jelas, gue pengen banget protes, kenapa gaji karyawan kecil banget, buuuuuu?????!!!!!

9.       Abang Dangdut. Kalau yang satu ini gue kasih nama abang dangdut bukan karena dia suka musik dangdut. Gue jarang ketemu. Dia manajer eksternal. Kerjaan utamanya marketing. Yang ngiklanin resto gitu-gitulah pokoknya. Namanya gue kasih Abang Dangdut karena namanya sering disebut di lirik lagu dangdut. Beliau juga ramah orangnya. Tapi nggak tau kenapa para karyawan pada nggak suka. Usut punya usut, beberapa kebijakan yang beliau terapkan nggak disetujui para karyawan.


10.   Mr. Wem. Beliau di sini jadi pemeran figuran aja ya. Karena beliau jarang bersinggungan sama kehidupan kerja gue. Yang gue tau, beliau ini bagian pengadaan. Jadi kerjaan beliau adalah beli-beli barang kalau ada stok barang yang habis. So far, baru itu yang gue tau tentang beliau.

Oke, segitu dulu postingan kali ini. see you on the next story :D thanks sudah mampir ke blog ane ya gan

Tidak ada komentar: