Jumat, 29 Maret 2013

A Little White Lie karangan Titish AK


Sinopsis:
Ocha benci Adit! Meskipun cowok itu idola cewek satu sekolah, bagi Ocha, Adit nggak lebih dari sekadar perusak image dan pembawa sial. Sejak kenal Adit, Ocha berevolusi jadi cewek cengeng, malu-maluin, suka bohong, dan doyan melet. Pokoknya Ocha benci Adit. Titik.
Tuhan seperti memberikan jalan untuk membalas dendam ketika tanpa sengaja Ocha menemukan apa yang bakal dianggap harta karun oleh cewek-cewek di sekolahnya: nomor handphone Adit, yang katanya susaaaaaaaaah banget dicari tahu itu.
Awalnya Ocha berencana menjual informasi nomor handphone Adit ke teman-temannya. Tapi karena nggak tega, akhirnya Ocha cuma ngisengin Adit lewat SMS dengan nama samaran Ayu.
Tapi bukannya sukses balas dendam, Ocha malah jadi tambah pusing. Soalnya kebohongan kecil yang dia ciptakan itu menimbulkan masalah baru. Adit ternyata naksir Ayu!



Haloooh! Haloooh! Anyway udah lama banget nih nggak review novel. Then, hari ini gue nemuin satu novel keren lagi. Novel lama sih tahun 2007. Judulnya a Little White Lie karangannya Titish AK. Ini kali kedua gue baca novel itu. Dulu pertama baca kayaknya tahun 2008. Jadi pas baca ini lagi di tahun 2013 gue bener-bener fresh bacanya. Walaupun ada beberapa adegan yang gue masih inget.
Then, kenapa novel ini gue sebut keren? Ada beberapa hal yang membuat novel ini jadi looks charming dan membuatnya pantas naik cetak sampai TIGA BELAS kali! Widih ngalahin Dealova, bo!
Yang pertama yang gue nilai keren dari nih novel adalah sudut pandang penceritaannya. Mbak Titish memakai sudut pandang pertama yang berarti novel ini hanya akan menyoroti si pelaku utama. Memilih sudut pandang ini menurut gue cukup berani ya. Karena sudut pandang orang pertama itu cenderung gambling. Ada negatif positifnya. Negatifnya, ini kan yang disorot si tokoh utama terus, takutnya kalau si tokoh utamanya nggak bisa digambarkan dengan karakter kuat nanti pembaca bakalan bosen. Beda sama sudut pandang orang ketiga atau kedua di mana pembaca juga dikenalkan sama karakter pelaku-pelaku sampingan lainnya. Jadi kemungkinan pembaca bakalan bosen itu relatif kecil. Postifnya, penulis bisa mengeksplor karakter si tokoh utama ini sebebas-bebasnya. Nah, kalau penulisnya smart, dia bakalan bisa jadiin si tokoh utama ini magnet sentralnya cerita. Ibaratnya itu gini lho, kalau pake sudut pandang orang pertama, kan yang diceritain tokoh utama terus tuh. Jadi penulis harus bisa bikin pembaca itu betah baca karyanya hanya dengan senjata si tokoh utama itu. Tapi kalau pake sudut pandang kedua atau ketiga, penulis punya banyak senjata untuk membuat para pembacanya itu stay on terus sama karyanya.
Nah, di sini Mbak Titish itu pinter banget menceritakan tokoh utamanya yang bernama Ocha. Karakter ABG ceroboh, lucu, cuek, dan ababilnya itu kerasa banget. Celetukan-celetukannya itu juga ngena. Jadi pas baca novel ini tuh rasanya kayak lagi nggak baca novel. Tapi kayak lagi baca diary-nya orang. Mengalir aja gitu. Gue jadi bener-bener kenal sosok Ocha itu kayak apa. Bahkan somehow gue ngerasa ini tuh kayak lagi baca diary gue sendiri. Hahaha…
Well, tema yang diangkat sebenernya umum. Cinta monyet anak ABG. Tapi justru karena umum itulah pembaca jadi bisa ngerasain apa yang dirasain Ocha dalam hal ini. Karena apa, karena semua orang pasti ngalamin yang namanya cinta monyet. Jadi gampang aja bayanginnya.
Hahaha baca novel itu tuh serasa nostalgia. Ya ya ya, gue juga pernah kali ngerasain cinta monyet. Gue juga pernah kali ngerasain dongkolnya SMS gue yang nggak dibales-bales sama si orang ter… ter… ter… apa dong? Tercinta? Ya udahlah anggep aja gitu. Tapi itu dulu lho ya. Sekarang gue lagi nggak mikir tentang kayak begituan. Yahhhh malah curhat.
Ya oke, lanjut lagi. Trus apa lagi ya potensi dari novel ini? Hmm… lagi-lagi sih cara penyampaiannya yang menonjol banget di novel ini. Anak muda banget! Yang galau ngeliat cowoknya jalan sama cewek lainlah, yang salting kalau ketemu cowok yang ditaksirlah, yang pura-pura jutek tiap ketemu tapi abis itu nyesel sendiri trus ngomong, “Kenapa tadi pas ketemu musti jutek?” juga segala kekonyolan-kekonyolan yang dialami oleh anak ABG yang lagi dilanda rasa cinta monyet itu tertampil dengan apik di sini. Berasa kayak dibalikin di jaman-jaman naksir oranglah pokoknya. Senyum-senyum terus baca nih novel.
Tapi, kok gue ngerasa temponya terlalu lamban ya di awal. Tokoh Mas Bintang di sini nggak terlalu dieksplor dengan baik. Ya gue ngerti maksudnya itu buat patokan, kalau dulu si Ocha ini pernah SMS sama Mas Bintang (orang yang disukain Ocha pertama kali) tapi Ocha pas SMSan sama Mas Bintang ini nggak ngaku sebagai dirinya sendiri. Dia ngakunya sebagai Mita. Then, waktu SMSan sama Adit, Ochanya juga ngakunya sebagai orang lain nggak berani ngaku sebagai dirinya sendiri. Maksudnya itu buat nunjukin kalau karakter Ocha ini emang cenderung suka boong dikit (sesuai judulnya) atau lebih kasarnya pengecut. Tapi kok menurut gue ada atau nggak adanya tokoh Mas Bintang di sini nggak terlalu berpengaruh ke jalan cerita ya? Malah gue lebih pengen hubungan Ocha sama Andra itu diceritain lebih. Biar si Aditnya makin cemburu gitu. Plotnya Andra ini lumayan seru, lho. Gue beneran ngira kalau si Andra bakalan nembak Ocha. E… ternyata malah minta tolong comblangin ke Riska. Nanggung aja gitu menurut gue. kehadiran Andra dikemas terlalu singkat. Harusnya nambah lagi tuh porsinya. Hehehehe… Anyway, panjang pendeknya plot, dan kadar kepentingan tiap-tiap plot itu harus dijaga. Kalau nggak pinter ngaturnya, ntar takutnya pembaca mulai capek baca. Bagi mereka di plot itu tuh meaningless tapi kok panjang banget. Nah, ati-ati (Ih sok tau banget deh. Hehehe nyaranin doanggggg!)
Trus, setting cerita novel ini di Jogja. Gue ngerasa sayang aja. Udah pemilihan setting di Jogja, tapi Jogjanya sendiri nggak terlalu ditonjolkan. Ini tuh Jogja gitu lho, kota yang penuh dengan warisan budaya. Kenapa nggak dimanfaatin??? Apa kek, ceritanya lagi nonton festival kesenian tradisonal trus ketemu Adit. Gitu kan juga bisa. Lumayan, kan, mengenalkan budaya dan kearifan lokal?
Tapi over all, ini novel mangstab abiiiiiiisssss! Buat yang ngaku pernah muda, kudu baca nih novel. Dijamin rasanya kayak dibalikin ke jaman-jamannya cinta monyet. Gue malah curiga ini pengalaman pribadi penulisnya mungkin ya? Kayaknya beneran terjadi. Ditulisnya itu kayak dengan sepenuh hati gitu. Mbak Titish pasti mengobservasi tiap detail kehidupannya itu dengan baik. Buktinya novel itu jadi looks so natural. Mulai dari celetukan-celetukannya Ocha pas lagi saltinglah, lagi BTlah. Itu natural banget.
Wah wah…. Pokoknya kerrrren! Anyway, ini pernah lho dijadiin FTV di trans TV judulnya Boong Dikit Nggak Papa Kan? (Kalau nggak salah. Penyakit lupa judul gue lagi kumat. Maklum -__-) Yang main Gracia Indri sama cowoknya Donni siapa gitu gue lupa. Tapi udah lama banget juga tayangnya. Kayaknya sih 2008 itu. Malahan gue nonton FTV nya dulu, nah baru deh begitu nonton FTVnya bagus gue tertarik nyari novelnya. Dan ternyata novelnya juga bagus. Lucu! Fresh! Dan sekali lagi enak buat nostalgia mengenang masa-masa SMA yang masih unyu bin konyol itu.



Best scene:
Halaman 222
Well, ini gue cepetin aja ya. Sebenernya dari halaman 221 serunya. Tapi gue ambil main point nya aja di halaman 222. Jadi, ceritanya Ocha sama sahabatnya yang bernama Pia lagi duduk-duduk di bangku di bawah pohon di sekitaran lapangan basket. Nah trus, Pia ngeliat Adit lagi mendribel bola ke arah pinggir lapangan basket dan kemudian lewat di depan mereka.

“Itu, Cha! Di depan ada Adit!”
Kulihat Adit sedang berjalan sambil mendribel bola basket dari arah lapangan basket. Ketika dia lewat di depanku dan Pia, aku memberanikan diri tersenyum ke arahnya. Toh kami kemarin udah ngobrol banyak dan dia nraktir segala. Masa dia masih nggak mau nyapa atau sekadar balas senyumku? Nggak mungkin, kan?
Begitu aku memberikan senyumku yang terbaik—bukan senyum genit tapi senyum sapaan yang bersahabat—untuk sekian detik aku malah membatu. Adit melihatku sekilas, tapi boro-boro balas tersenyum, sepertinya dia malah sengaja memalingkan muka dan asyik memainkan bola.
Nothing is impossible, Cha! Kemarin kalian bisa ngobrol begitu, bukan jaminan dia bakal mau sok nyapa dan berhangat-hangat ria di sekolah.
Tapi aku belum mengerti. Apa yang kualami semalam itu benar-benar cuma mimpi? What a beautiful dream!  Tapi kenapa akhirnya malah nyakitin kayak gini? Apa yang salah, Dit? Aku sama sekali nggak ngerti!


Hahaha… keren! Pernah nggak sih ngalamin cowok yang ditaksir itu di luar sekolah dekeeeet banget sama kita, tapi di sekolah jutek gitu? Kalau pernah, tunjuk jari! Gue salah satunya! Dan rasanya itu nyebelin banget.
“Apa yang salah? Aku sama sekali nggak ngerti!” hehehe niru-niru kalimatnya Ocha barusan.
Sebenernya ada banyak yang menarik di novel itu. Pas Ocha-Adit ngobrol di kamar mandi, pas Ocha ketauan begonya di rental VCD, pas di tempat fotocopyan, pas di lembah UGM, dan masih banyak lagi. Tapi masa gue tulis semua? Lama-lama tindak kriminal dong gue karena menyebarluaskan hasil karya tanpa izin.
Ya udah deh, itu sekilas info aja ya buat yang butuh bacaan segar di kala suntuk. Atau buat yang tiba-tiba kangen kecengannya dulu waktu SMA. Buka gih tuh novel. Jadi anak SMA lagi rasanya!

Rate       : five starssssss XD


1 komentar:

sejuta wind mengatakan...

Teteehh..
q jug suka baget tuch novel.. mpek q baca beberapa kali tpi ndk bosen"..

ttang teteh hmpir sma kyak q.. bli thun 2oo8 n bca gie 2013 mpek krang nie.. ^_^

pkok.na seru abiz dech smua adegan dlam crita ntu.. ^_^