Senin, 11 Februari 2013

Sabtu yang indah


Hai! Anyway, hari ini adalah hari terakhir try out di sekolah gue. Gilaaaak. Seminggu ini rasanya otak gue kayak diublek-ublek. Parah. Apalagi tiga hari terakhir ini try out nya akuntansiiiiiii terus. Sumpah mampus gue udah hampir mati berdiri ngerjain akuntansi. Susahnya, maaaaaan! Apalagi pas hari jumat. Jadwal try out nya itu siklus akuntansi. Pas ngerjain laporan keuangan, kan prosesnya dari neraca lajur dulu tuh. Nah, aturan mainnya ngerjain neraca lajur itu kan kolom neraca, kolom jurnal penyesuaian, dan kolom neraca setelah disesuaikan itu kan debit kreditnya harus imbang. Nah punya gue udah kagak imbang duluan. Mampus deh gueeee. Bagi yang tau akuntansi, cara kerjanya akuntansi itu dari awal HARUS BENAR-BENAR BENAR! It has to be right from the bottom to the top. It’s a cycle. One mistake will make another mistake. My Godnessssss! Akhirnya laporan keuangan gue carut marut. Nggak jadi. Palsu semua. Mengarang bebas! Cuma bedanya kalau di pelajaran Bahasa Indonesia kita mengarang dengan merangkai kata, tapi kalau di akuntansi kita mengarang untaian angka. Dan gue berasa bego banget waktu ngerjain. Gilaaaaa dapet nilai berapa gue. Ntar kalau hasilnya dibagiin mungkin akan langsung berakhir di tempat sampah.
Then, hari ini, hari sabtu, hari terakhir try out, jadwal gue adalah MYOB. MYOB itu akuntansi versi komputer. Lebih gampang. Tapi siklusnya sama juga. Satu salah yang lain bakalan ikut salah. nah kemarin itu ada sekitar 25 soal, dan, anda atau apa? Gue kelewatan ngerjain soal nomer tiga. Jadi habis nomer dua dengan begonya gue loncat indah ke soal nomer empat. Padahal kayak yang udah gue jelasin sebelumnya, aturan mainnya akuntansi itu salah satu salah semua. Nah lo, gue udah selesai sampai soal nomer 25. Tapi nomer tiga lupa nggak gue kerjain. Mampus deh. Gue gemeteran. Waktu tinggal satu jam. Gue ulang lagi semua dari awal. Tangan gue udah keringet dingin. AC di lab komputer sekolah gue berasa kayak mati. Gemeteran hebat gue selama ngerjain. Gue terus-terusan berusaha nenangin diri gue, “Tenang… tenang…. If you can’t calm down you will make a new mistake. And it will get you to be more difficult. Tenang ris tenang…. Lo bisa selese. Yakin aja deh.”
Well, well, well, and finally I can finish it. Yeeeee…. Tapi nggak tau bener atau nggak. Menurut gue sih ya udah bener. Paling nggak mungkin nilai 90 bisalah gue dapetin. Hehehe….
Then, kesialan gue nggak berhenti sampe situ doang. Hari itu gue ke sekolah by cycling. Naik sepeda. Biar sehat. Go green, brooo. (Ngomong aja nggak bisa naek motor hehehe). Well, pas pulang dari try out MYOB, langit udah mendung tuh. Padahal gue kalau naik sepeda lemotnya minta ampun. Bisa keguyur hujan gue ntar. Ya udah, gue buru-buru pulang. Eh…. Beneran gue kehujanan. Mana deres banget pula. Iiiiiih…. Hari itu gue berasa apeeeees mulu. Ini kenapa sih gue? Kurang amalan apa ya? Huhuhuhu…. Sial bener. Pulang-pulang gue basah kuyup, diketawain adek gue. Sumprit tuh adek gue.
Tapi gue berpikir postip aja. Gue kan rencananya lulus SMK ini pengen lanjut kuliah di jogja. Di Jogja ntar gue bakal tinggal sama simbah gue. Gue mikirnya, mungkin ini pertanda Tuhan bakal ngabulin doa gue bisa kuliah di Jojga. Makanya Tuhan ngasih ujian kayak gini. Biar sebelum gue beneran ke jogja gue  udah terbiasa mandiri, biar nggak manja, biar gue terbiasa tegar, biar gue terbiasa hidup prihatin, biar gue nggak kaget entar kalau hidup di Jogja yang jauh dari ortu. Hehehe… asik kan kalau berpikir positif. Dibawa enjoy aja tiap mengalami lika-liku hidup itu. (Beri applause. Jarang-jarang mulut gue bisa bijak)
Anyway, Jadi keinget lagunya Letto. Yang judulnya…. Apa ya… aduh… gue paling nggak bisa ngapalin judul lagu Indonesia. Yang ini lho lagunya…

Kalau kau pernah takut mati, sama
Kalau kau pernah patah hati, aku juga iya
Dan sering kali sial datang dan pergi kepadamu
Suasana hati…
Kalau kau kejar mimpi-mimpimu, salut
Kalau kau ingin tuk berhenti, ingat tuk mulai lagi

Eh bener nggak ya liriknya? Yah pokoknya gitu deh. Geu suka banget sama lirik lagu itu. Very isnpiring.
Then, yang paling spektakuler dari hari ini adalah ‘Malam pelampiasan stres’. Ini gue sendiri yang ngasih judul. Malam minggu itu gue diajak Shindi temen gue buat nongkrong di salah satu warung kaki lima di pinggiran jalan Slamet Riyadi. Namanya warung Gower. Menu andalannya di sana pisang owel sama susu. Tapi gue mesennya pisang owel sama jeruk anget. Kayak nenek-nenek minumnya anget-anget hahaha. Tapi malem itu masalahnya lagi dingin. Gue nggak mau beseran kayak si Shindi. Hahaha (Pieceee :P)
Trus trus trus, selama nongkrong di situ gue sama temen-temen gue adalah pengunjung paling heboh. Beneran. Suer gue. Kami pengunjung paling heboh. Kami waktu itu ber… ber… berberapa ya? Ada gue, trus temen sekelas gue ada empat biji, trus kakaknya temen gue, trus temennya kakaknya temen gue, trus ponakannya temennya kakaknya temen gue. Nah lo berapa manusia coba? Ada yang bisa nebak? :D
Yah pokoknya segitu manusia lah, kami semua itu banci kamera. Doyan banget foto-foto. Narsis abislah pokoknya. Berhubung gue bawa kamera digital, temen gue bawa BB, dan temen gue yang lainnya juga punya kamera HP yang oke punya, ya udah kami semua foto-fotooooo terus. Yang bikin heboh itu ya ngatur gayanya. Pengennya tuh dalam satu frame semuanya bisa masuk gitu. Tapi tau sendiri manusianya kebanyakan sementara range kameranya itu ada limit-nya. Jadi susaaaah banget ngepasinnya. Itu yang bikin seru. Yang paling repot itu yang jadi fotografernya. Dia harus orang bertangan panjang, harus rela pegel, dan harus tetep stay cool di depan kamera walaupun tangannya pegel. Finally yang jadi fotografer adalah temennya kakaknya temen gue, Mbak Nurma. Dia ditaroh di depan sendiri supaya bisa megangin kamera. Udah deh kami udah kayak orang udik yang baru pertama kali ketemu kamera. Nampang muluuuuuk.
Gue yakin orang-orang yang juga pada nongkrong di situ pada bete ngeliat tingkah kami. Tapi biarin. So what?! Itu tempat umum, kan? Suka-suka dong. Mereka palingan cuma iri doang. Gerombolan gue bisa seheboh, serame, seseru, dan sekompak itu, tapi gerombolan mereka datar-datar aja. Hahaha kasian deh loooo :P Emang udah seharusnya remaja itu kayak begitu. Spontan, heboh, gokil. Nggak seru ah jadi remaja kalem. Bisanya cuma seriuuuus aja. Nggak. Bukan gue banget.
Anyway, ini baru pertama kalinya gue nongkrong seru-seruan sama temen-temen. Mungkin terbilang telat kali ya? Anak-anak seusia gue mungkin udah jadi hal biasa nongkrong sampe malem gitu. Tapi ini adalah pertama kali bagi gue. Dan ini sangat-sangat menyenangkan. Gue sih jujur nggak begitu menikmati makanan yang disuguhkan di warung bernama Gower itu ya. Mahal bos di sana. Pisang owel aja 8ooo perak. Jeruk anget 3000 perak. Pisangnyya mini banget. Nggak ada spesialnya.
Yang gue nikmatin di sana adalah kebersamaan gue dengan teman-teman gue. Nongkrong, malam minggu, bersama para jones (jomblo ngenes=jomblo nelangsa) eh nggak ding. Gue lebih suka menamai diri gue jojoba (jomblo-jomblo bahagia). Dan nonrkongnya itu di pinggir jalan Slamet Riyadi. Jalan utama di kota Solo. Jalan yang di kanan kirinya berderet-deret ditumbuhi gedung-gedung perkantoran, perdagangan, dan gedung-gedung penting lainnya. Itu adalah kali pertamanya gue menikmati indahnya kota Solo di malam hari. Diwarnai tawa sahabat, ditemani dinginnya angin malam yang bikin gue beseran, dan ditemani pengamen-pengamen yang silih berganti menyambangi kami. (Biasalah pinggir jalan. Kemaren ada kali tujuh pengamen nyamperin gerombolan gue. Untungnya salah satu dari kami ada yang bermulut cablak, namanya Verzia. Dia berani ngusir para pengamen-pengamen itu. Nggak peduli si pengamen jadi marah-marah. Gue sih suka nggak tega ngusir mereka. Tapi mau gimana lagi, gue nggak ada receh malem itu. Dan kadang emang ada pengamen yang ndableg. Udah dibilang nggak ada receh tetep ngamen aja. Kalau gitu kan kesel juga)
Then, lanjut lagi ya ceritanya. Hari itu kebetulan bertepatan dengan imlek. Gue sama temen-temen gue tepat jam sembilan malem lanjut ke daerah Pasar Gede buat nonton atraksi barongsai. Di Solo, kawasan pecinan emang adanya di daerah Pasar Gede. Nyampe sono muacetnya. Ih…. Ngeri. Sama jalan kaki lebih cepet jalan kaki deh kayaknya. Tapi berhubung status gue malam itu cuma jadi pembonceng ya gue nurut aja. Gue nggak punya wewenang. Hehe….
Nyampe di sana, nggak bisa nikmatin apa-apa. Cuma keliatan gapura gede penuh lampion. Bagus sih. Bagus banget. Tapi gue nggak bisa nonton atraksi barongsainya. Udah penuh banget. Lagian gue sebenernya rada takut sama barongsai. Hahaha… matanya itu lho. Ngeri. Kayak ulet bulu.
Ya udah deh, akhirnya kami semua misah. Dari awal udah kepisah dulu ding karena kemacetan. Trus ya udah, gue sama Shindi akhirnya mutusin pulang jam setengah sepuluh malem. Gue sempet ketar-ketir bakal dimarahin ortu pulang kemaleman. Sebenernya sih ortu ngasih kebebasan sepunuhnya buat gue ngatur hidup gue sendiri. Tapi ya gue tau dirilah. Gue cewek, masi remaja, nggak enak juga pulang kemaleman. Pulang jam setengah sepuluh rasanya udah keterlaluan banget buat gue. Rada ada rasa bersalah sih. Tapi untungnya ortu nggak marah. Mereka tetep ngasih kepercayaan buat gue. and finally, that day went so perfect. I don’t care about my exam. I don’t care about my mark. Whatever. I’ve tried and I’ve given my best. That’s what I care about.


NB : waktu gue nongkrong, gue ngeliat banyak cewek-cewek, mbak-mbak cantik gitu pada ngerokok. Well, gue yang masih polos ini cukup takjub dengan pemandangan itu. Sayang aja menurut gue. Cantik-cantik kok pola hidupnya gitu sih? Nggak tau ya kalau ngerokok itu bisa bikin kulit kusam? Bisa bikin gigi kuning, bibir jadi item. Nggak cantik lagi lho ntar, mbak. Mendingan cantiknya buat saya daripada dirusak gitu.





2 komentar:

Shindinia mengatakan...

Oalah :o neg emang nggak boleh keluar malem ya bilang dong kakak :p
Sori ya.. hehe

Max Havelaar English Course mengatakan...

hehe ga papa sekali kali nakal dikit wkwkwkwk :D
lain kali sampe jam 4 pagi yooo hahaha (meh ngopo kui)