Sabtu, 02 Februari 2013

Lembaran baru


Harus gue akuin nyali dia oke juga. Dia berani deketin gue. Dia membawa obor pertemanan setelah sebelumnya membawa obor untuk membakar kehidupan gue.
Gue masih berbicara tentang cowok pertama. (Ih ni anak kagak ada abisnya). Setelah sekian lama hubungan kami buruk banget. Nggak tau mau dinamain apa (kayak yang udah gue jelasin dipostingan gue sebelumnya). Tiba-tiba dia dateng. Awalnya gue sempet kaget. Dia dateng kayak menghakimi gue. Kayak menyudutkan gue. Dia ngomong ketus gini, “Dasar! Sombong banget lo sama gue!” Dan berbagai kata-kata lain yang kurang lebih intinya gitu deh. Langsung sport jantung gue. Basically gue kan anak baik-baik. Cinta damai dan rajin menabung. (Hohoho….) Jadi pas dihadapkan dengan teguran begitu rasanya kayak ketampar.
Yang bener aja. Bayangin, hubungan kami lagi carut marut. Dari taun kapan akar permasalahannya berawal gue sampe lupa. Yang jelas ini tuh udah bertahun-tahun. Nggak cuma seminggu, sebulan, dua bulan. Dan masalahnya itu nggak kelar-kelar karena kami emang nggak berusaha ngelarin. Kami justru menghindar dan berharap bakal selesai sendiri. Padahal tindakan kayak gitu tuh justru memperparah semuanya. I know that.
Trus-trus-trus balik lagi ke cerita. Dia tiba-tiba negur gue sombong begitu. Jelaslah gue kaget. Ini udah kedua kalinya lho dia negur gitu. Nggak bosen apa ya dia?
Well, Tapi kemudian ada temen gue, yang jago ngoceh, yang bisa sedikit merubah atmosfer. Temen gue bisa menggulirkan pembicaraan. Pertanyaan basa-basi sih. Kayak ‘rumah kamu di mana?’ ‘pelajaran di kelasmu apa?’. Tapi itu lumayan memberi gue waktu untuk bernapas. Selagi si mister ini ngobrol sama temen gue, gue berusaha mengatur jiwa gue yang terguncang. Shock. Kaget. Canggung. Kaku.
Si mister ini cukup lama nongkrong di meja gue. Lama-lama gue tau kalau dia sebenernya bukan mau menghakimi gue. Tapi justru mau membuka pintu pertemanan. Gue kira dia mau marah-marah. Abisan prolognya dia kayak orang nuduh gitu.
Ya udah, gue rasa emang udah saatnya gue bersilaturahmi (bahasanya booo). Udah bener dia mau ngajak memulai semuanya dari awal. Udah bener dia mau ngelupain permasalahan-permasalahan sebelumnya. Ya jadi gue berusaha membalas umpan-umpan pembicaraannya itu. Tapi rasanya masih canggung. Sikap gue udah kelewat dingin selama ini sama dia. Rasanya kayak ada gunung es dalam diri gue. Dan untuk mencairkannya itu butuh ratusan taun. Kayak global warming gitu deh. (Ratusan taun? Umur gue emang nyampe segitu?)

Jadi selama pembicaraan itu rasanya gue kayak lagi acting. Kayak lagi main drama. Semuanya serba kepura-puraan. Pura-pura dibikin nyaman. Padahal sebenernya nggak nyaman. Pura-pura dibikin ketawa. Padahal bibir gue rasanya pegel narik senyum terus. Dia sendiri kayaknya sama. Dia berusaha menyamankan diri.
Gue tau ini suatu hal yang maklum. Memulai pertemanan di atas peperangan itu nggak mudah. Tapi ini yang terbaik. Gue jadi inget kata-katanya Abraham Lincoln. Cara terbaik membunuh musuh adalah dengan menjadikannya teman. Bener juga tuh almarhum presiden Amerika.
Ya tapi gue butuh waktu. Gue masih memandang dia sebagai orang yang…. Aduh apa ya namanya. Bukan musuh, tapi bukan temen juga. Ya gitulah pokoknya. Ada kecanggungan dalam diri masing-masing. Dan gue harus meleburkannya dulu. Pernah dong tau kalimat kayak gini, ‘A war in a relationship can be erased. But the relationship would never be as strong as before.’ Perselisihan dalam suatu hubungan itu bisa dihapus. Tapi hubungan itu nggak akan sekuat sebelumnya. Gue rasa progress-nya nggak akan ke mana-mana. Kami bisa saling sapa itu udah baik. Mungkin pada tahap awal gue bisa memberlakukan sistem ‘pemaksaan’ terhadap diri gue supaya bisa (paling enggak) keliatan nyaman kalau berhadapan sama dia. Trus kemudian lama-lama baru bisa rasa nyaman itu timbul secara alamiah.
Pernah juga dong denger kata bijak yang ini, ‘All things are difficult before they are easy.’ Semua hal itu terasa susah sebelum akhirnya terasa mudah. Maybe at first it feels hard. But in the end it would turn into a better way. We need a sacrifice to find happiness. We need to walk trough the bridge to cross the revine. Just make it simple.
Ya gue juga capek bertahun-tahun berada di lingkaran yang buruk gini. Gue akan berusaha memberi feedback yang baik tiap kali dia ngajak ngomong. Akan gue usahain. Gue harap gue bisa. Asal dianya juga bisa ngasih feedback yang enjoyable, yang nggak garing, yang nggak basi. Sebenernya gue juga mau berterima kasih. Karena dia masih menganggep gue sebagai orang yang pernah berkaitan di kehidupannya. Nggak kayak gue yang udah mendepak dia keluar dari kehidupan gue.
Anyway gue mau say thanks juga nih sama temen gue. Dia sama berjasanya dengan tukang tambal ban. Hehehe… bedanya, kalau tukang tambal ban yang ditambal jelas ban dong. Tapi kalau temen gue ini yang ditambal adalah lubang-lubang kecanggungan yang muncul dalam sesi obrolan gue itu. Berkat dia gue bisa narik napas barang sejenak buat menentramkan batin gue. Berkat dia selalu ada jembatan yang bisa menghubungkan pembicaraan tiap kali kami mulai diem kehabisan bahan obrolan. Tau sendiri kan suasananya kayak apa kalau orang yang baru aja baikan trus memasuki fase diem? Rasanya itu canggung abis, maaaaaaaaan!
Oh ya, Anyway lagi. Sehabis percakapan itu. Otak gue kayak mati lampu, tau nggak? Lumpuh total. To be honest, it was so shocking. Rasa canggung itu masih berkelanjutan. Kepikiran terus gitu. Yah… yah… yah… gue rasa ini maklum. Pasca perang, broooo.
Udah ah. Nyampe sini aja dulu postingannya. Gue mau lanjut nulis cerpen. Selama ini tiap gue nulis cerpen nggaaaak pernah diterima majalah. Sampe bete gue. Nggak tau deh udah berapa kali gue ditolak. Tujuh? Delapan? Sembilan? Sepuluh? Lupa gue udah berapa kali ditolak. Tapi rasanya gue nggak bisa berhenti nulis. Itu udah hobi. Dan yang namanya hobi, kalau dilakuin rasanya menyenangkan sekali. Hihihi…
Aduuuuh jadi cerita ngalor ngidul gini. Next time deh gue ceritain tentang diri gue sendiri. (Emang ada yang tertarik?) Ya kalau nggak ada yang tertarik buat hepi-hepian sendiri aja. Hehehehe… Blog-blog gue. Terserah dong mau gue isi apaan. Tul nggak?


NB: Gue harap gue lulus dengan tidak meninggalkan musuh. Nggak asik dong besok pas reunian, nyapanya gini “Eh lu dulu musuh gue, kan?” Sumpah. Jayus banget itu.

Tidak ada komentar: