Rabu, 13 Agustus 2014

Cuap-Cuap Kafe #5 Ngefans pelanggan dan ngefans karyawan


Hai! Assalamu’alaikum. Salam sejahtera.
Anyway, ini hari ke 14 gue kerja di resto. Jujur, kadang gue ngerasa bosen. Bosen banget. Buseeeet…. Baru juga dua minggu kerja, tapi udah ngerasa bosen. Bakalan bertahan kagak nih gue? Hahaha…
Tapi untungnya di sana banyak manusia gila yang bikin gue lupa sama betapa membosankannya hidup waras itu.
Well, kali ini gue mau cerita tentang pelanggan-pelanggan yang jadi idola serta pelanggan-pelanggan yang mengidolakan para karyawan resto. Wuih… baru juga 14 hari kerja tapi gue udah punya banyak cerita, men!
Oke, kita mulai ceritanya. Jadi, para waiter dan kasir itu adalah makhluk-makhluk yang hobi banget ngomentarin, ngegosipin, dan mengidolakan pelanggan. So far, pelanggan yang paling nyolok sih, jelas para pelanggan yang penampilannya seksi. Uuuuuuh…. Hot bingit! Tiap hari nih, pasti ada aja tamu cewek berbodi canggih yang mampir ke resto. Nggak tau deh profesinya apa. Biasanya kalau cewek-cewek seksi itu pada ngerokok, langsung gue judge sebagai cewek nggak bener. Saklek kan gue? Biarin. Trus kalo si sabun yang ngeliat cewek cantik, matanya bakalan langsung kedap kedip. Trus, pertama-tama dia bakalan bilang gini (jangan kaget ya), “Gilaaaak…. Cantik bener. Bikin gue pengen ngajak bobok!” ngerti kan maksudnya? Nah, trus kalau udah bilang gitu, selanjutnya dia bakal bilang gini, “Mampus! Inget ayang di kampung! Kuat iman! Kuat iman!”
Ngakak gue kalau liat dia udah begitu.
 Trus kalo si aktor, tuh anak sok cool gitu. Tampangnya kan innocent. Jadi nggak keliatan apa yang lagi dia pikirin. Tapi paling-paling dia juga mikir jorok. Dia kan sama aja kayak si sabun. Bedanya dia bertampang malaikat. Arabian gitu. Menjebak banget kan tampangnya? Sialan!
Oh ya, kisah lucu lagi tentang pelanggan seksi. Suatu ketika, dateng tuh dua rombongan tamu berbeda, tapi dalam waktu yang bersamaan. Yang satu rombongan cewek seksi, yang satu rombongan emak-emak-babe-babe-engkong-engkong gitu. Wuiiiih… si sabun sama si aktor langsung berebut. Mereka dulu-duluan biar bisa melayani kakak-kakak seksi. Trus ujung-ujungnya, karena si sabun inget ayang di kampung, dia pilih ngeladenin si emak-emak and the geng. Menang deh tuh si aktor onta.
Trus, ngomongin pelanggan, berarti ngomongin fans-nya si sabun dan fans-nya si onta. Jadi, si sabun sama si onta ini udah punya fans, lho. Gokil kan? Kalau fans-nya si sabun sih gue belum pernah ketemu langsung. Cuman dikasih tau aja sama onta kalau ada tante-tante yang rajin makan di resto cuman buat nyapa si sabun. Ada juga cowok ngondek nan gaul yang jadi fans-nya sabun. Tapi itu cuman katanya si onta sih. Gue curiga si onta bilang gitu ke gue, cuma biar keliatan bahwa ada yang lebih buruk daripada fans-nya. Jadi, fans-nya si onta tuh anak kecil keturuan Arab yang baweeeeeeeeel banget. Gue nggak bermaksud ngatain orang Arab bawel. Nggak sama sekali. Temen gue ada yang arab tapi dia kalem. Nah, tapi kalau fans-nya si onta ini masih anak kecil, kelas 6 SD—kalau nggak salah, dia arab dan bawelnya setengah mati. Dia cuma mau dilayanin sama si onta. Trus, tiap kali ke resto dia pasti nyari-nyari alesan biar bisa komunikasi sama si onta. Yang minta tambahan saus lah, yang minta mayonais lah. Pokoknya nih bocah bawel banget. Trus dia keliatan banget cuma mau gaul sama si Onta. Si Kazao yang juga cakep aja dia cuekin. Rasis kan tuh bocah? Maunya cuma gaul sama yang sesama arab. Padahal si onta mah aslinya Jawa cuman kecipratan Arab dikit.
Trus, ngomongin pelanggan berarti juga ngomongin komplain. Jadi, di resto ini seriiiiiiiiiiiiing banget dapet komplain mengenai pelayanan yang lama. Yaaaa ada masalah internal pegawai gitulah yang bikin kinerja jadi buruk. Trus, juga kadang gue bertandang ke dapur nemenin Mas Mahabarata masak, tapi trus berlanjut ke ngerumpi. Jadinya Mas Mahabarata lama masaknya. Hehehe… Atau kadang juga karyawan lain yang mampir ke dapur trus ngajak ngerumpi Mas Mahabarata. Kadang juga karena Mas Mahabarata lagi bad mood, capek, atau sakit. Jadi masaknya lama. Dia itu ibarat koki tunggal di sana. Sebenernya sih ada koki lain. Si Kazao sama Kutcher. Tapi nggak tau kenapa, yang paling rajin masak ya Mas Mahabarata. Kasian gue.
Nah, trus bentuk komplainnya pelanggan tuh macem-macem. Ada yang hampir nyekek leher gue (serius), ada yang ngatain kokinya gemblung (gemblung means kurang pandai in indonesia), ada yang cuman cemberut, ada yang minggat batal beli makanan, trus ada juga yang nyindir. Pas gue lewat nganter pesenan ke meja lain, si pelanggan yang nggak sabaran itu sengaja ngomong, “Duh… lapernya. Sabar ya perut!” gitu. Ngomongnya kenceng pula. Gue cuma bisa nyengir merasa nggak enak.


Oke guys. Sekian dulu deh postingan gue. Sebenernya banyak hal seru. Tapi kalau udah di depan laptop gini gue malah jadi lupa mau cerita apa aja. Ntar kalo inget gue catet dulu deh. Hehe. Oke, telimakacih udah mampir di blog ane ya, gan. Wassalamualaikum wr wb.

Tidak ada komentar: