Minggu, 03 November 2013

Pikun yang Melanda Jiwa

Hai! Kali ini gue mau mosting cerpen gue yang gagal masuk redaksi alias ditolak. hehe... nggak punya malu banget yah. Udah ditolak malah diposting. Udah jelas nih cerpen pasti jelek. Hehe... yaa gue nggak punya maksud apa-apa sih. Cuma pengen blog gue rame aja. Lagian, daripada cerpen-cerpen gue nganggur di laptop, dihinggapi virus-virus trojan dan kawan-kawannya itu. Kali aja kalo diposting malah dapet komen. Ya walopun mungkin komennya bakalan nyelekit. Tapi gue nggak kaget kok. Soalnya emang gue akuin cerpen-cerpen gue yang ditolak media ini masih banyak kekurangan di sana-sini. Oya, dan cerpen ini bener-bener orisinil ya. Maksudnya keadaan cerpen ini bener-bener sama dengan keadaan cerpen waktu gue kirim. Sama sekali nggak gue perbaikin sedikit pun.
Well, so ini cerpen yang PERTAMMMMMAK kali gue kirim ke majalah. Waktu itu kalo nggak salah mau gue kirim ke majalah Hai. Kalo nggak salah. Hehe gue udah lupa. Cerpen ini gue tulis tahun 2007 (kalo nggak salah juga hehe) pokoknya pas gue awal-awal kelas 2 SMP gitu. Ya udah deh, siap-siap ilfil, berasa norak, atau gimana lah reaksi kalian. hahaha... Monggo diwaos (Silakan dibaca)


Pikun yang Melanda Jiwa

Hari ini emang asli sial banget. Nunggu bus lama gila. Udah berjam-jam gue berdiri di trotoar kayak tiang peringatan ‘Dilarang berjualan di sini’. Gue juga udah melakukan berbagai macam pose untuk mengatasi bengkaknya betis, dan kaki kesemutan. Mulai dari pose hot yakni nungging, sampe pose yang biasanya dikasi  peringatan ‘Dilarang meniru adegan berbahaya berikut’ yakni duduk lesehan.
Petualangan menderita gue ternyata nggak brenti sampe di sini aja. Selain udah disiksa dengan kaki pegel, sekarang perut gue ikut-ikutan nyiksa gue. Pagi tadi nyokap bertindak sadis banget. Masa anak sendiri nggak dikasi makan. Terpaksa deh ntar gue musti nyari makan di got ato di sampah sekolah. Lumayan lah buat mampet-mampetin perut.
Nggak dinyana-nyana bus yang gue damba-dambakan akhirnya datang juga. Gue pun  segera melambai centil secentil Torro Margen, “ Bang, bus donk ah!” teriak gue.
“Ayo ayo naik !”ajak Bang Kernetnya. Seketika gue jadi inget sama lagu paporit gue yang bunyinya gini,”Naik kereta api tut tut tut” tapi kalo naik bus aransemennya jadi gini, ”Naik bus warna ijo brot brot brot” gitu. Seru kan?
Guepun segera naik ke dalam bus. Tapi langkah gue terhenti di ambang pintu bus gara-gara Bangker (biar cepet Bang Kernet disingkat aja) ngajak ngobrol.
“Dik, mau nyari tarif murah ya?” tanya Bangker yang nggak ada cakep-cakepnya  itu.
“Nyari dimana Bang? Di kolong meja?” gue balik nanya. Bingung. 
Bangker tersenyum jumawa dan berkata, “Di dalem bus nggak ada meja, Dik!” katanya. Ya kalau di bus nggak ada meja juga gue tau!
“Itu lho! Kok pake seragam SMA? Mau nyari tarif  murah?” Bangker masih ngotot  membahas tentang tarif murah. Dan gue mulai males nanggepin dia.
“Tarif murah opo to iki? Aku ra donge, Mas!” tanya gue pake aksen Jawa. Biar mingkem deh tuh abang-abang satu. Terjemahan : Tarif murah apaan sih? Gue nggak ngerti, Bang!
Bener aja. Denger omongan gue Bangker langsung diem dan malah bingung sendiri. Ya sudah. Saya mengenyahkan diri saja dari hadapannya. Emang tarif murah apa sih? Terus tadi Bangker kenapa bingung gue pake seragam? Emang salah ke sekolah pake seragam? Atau jangan-jangan semalem pemerintah telah mencanangkan peraturan baru bahwa ke sekolah harus pake swim suit. Makanya Bangker bingung.
“Puuuuut!” di sela-sela hiruk pikuk keramaian bus, gue mendengar seseorang  memanggil nama gue. Yup! Nama gue Syarifudin. Udah itu doank. Nggak pake embel-embel nama depan atau belakang. Sejarah nama gue bisa dipanggil ‘Put’ adalah begini;  Tersebutlah seorang pangeran tampan nan ganteng bernama Syarifudin (Iye gue ngerti! Gue cakep itu cuma isapan jempol kaki gue aja!). Jadi, awalnya nama gue bermetamorfosis menjadi Fud. Lalu pada tahun 1500 SM  nama gue bereinkarnasi  menjadi Put gara-gara lidah orang kampung yang nggak bisa ngomong ‘F’. Jadi deh nama gue ‘Put’.
“Oiiiiii... Put!” suara itu manggil lagi. Gue nengok. Ternyata itu Arthur temen sekelas gue. Namanya rada-rada barat ya? Tapi tampangnya jauh dari kesan barat. Yang ada juga malah deket sama kesan Jawa Barat. Gue langsung mendatangi Arthur. Kebetulan kursi di sebelah Arthur kosong. Ya sudah saya samber saja kursi itu.
“Eh, Lo naek bus ini juga? Kok bisa kebetulan sebus ya? Jarang-jarang lho!” tutur Arthur.
“Mungkin kita emang  jodoh, Thur! Dua hati menjadi satu. Dan aku...aku...mau bilang...I love you!” ujar gue sok puitis.
“Hueek! Najong banget! Kita kan sama-sama lekong gemblung!” protes Arthur sambil noyor pala gue. Gue cuma ngakak ngeliat reaksi Arthur.
“Heh, Bro! BT banget nih sama tuh kernet. Masa gue dikira nyari tarif murah cuma gara-gara pake seragam? Ape hubungannye coba?” keluh gue.
“Mungkin hubungannya.......si tarif murah punya affair sama si seragam. Trus, si tarif mahalnya jelous. Dan akhirnya si tarif mahal ngelabrak si tarif murah! Mungkin gitu hubungannya.” Arthur menduga-duga dengan argumentasi ngawur. Gue hanya ber-istghfar  dan pasrah punya temen kayak si Arthur,”Yang gendeng sapa ya?” sindir gue.
“Mungkin yang gendeng si tarif mahal, Put! Eh...apa si tarif murah kali ya?” Arthur malah balik nanya.
“Gue salut sama lo, Thur!” gue menepuk pundaknya bangga. Arthur kontan aja jadi  ke-PD-an, “Karena elo memang lelaki yang menjunjung tinggi sikap idiotisme dan bloonisme!” lanjut gue sambil mengubah tepukan gue jadi tempeleng keras di mukanya.
“Yeee! Kok elo malah nampar gue sih?!”
“Habisnya elo begonya bersambung mulu nggak tamat-tamat!” gue mulai es-mo-si, ”Gue mau cerita kalo tuh Kernet nuduh gue nyari tarif murah cuma gara-gara gue pake seragam. Nah karena itu turun donk harga diri gue. Masa nyari yang murah-murah? Gue aja kalo naik taksi bayarnya gue lebihin 50.000 masa bus yang cuma serebu musti nyari tarif murah? Tengsin donk!” jelas gue berapi-api.
“Ya iyalah lo kalo  bayar dilebihin 50.000 kan buat bayar utang  lo yang udah karatan dari jaman babu lo belum lair!”
“Sialan lo! Gue sama babu gue  lairnya duluan dia tau! Lagian utang lo kan lebih banyak dari pada gue! Sampe buka cabang utang dimana-mana. Di kantin, warteg, sampe pengamen lewat juga lo utangin. Dan kemaren lo juga utang ke gue serebu tujuh ratus lima puluh rupiah! Sini balikin!” protes gue plus sekalian aja nagih utang.
“Iya itu ntar gampang.” Raut wajah Arthur mendadak serius. “Tapi, Put! Gue juga dituduh nyari tarif murah cuma karena make seragam. Gila tuh ker―” kalimat Arthur terputus karena kakinya gue  injek buat memperingatkan kalau Bangker datang.
Bangker itu berdiri belagu di samping kursi gue sambil menengadahkan tangan. Gue dan Arthur yang emang anak bus bahkan lahirpun di dalem bus, langsung  ngerti maksudnya. Gue merogoh kocek dan mengambil selembar uang seribuan trus gue kasih ke tangan Bangker. Awalnya gue rada bingung. Bangker ini nagih ongkos pake punggung tangan atau telapak tangan sih? Soalnya dua-duanya sama-sama item. So, gue nggak bisa bedain mana yang punggung tangan mana yang telapak tangan.
Lantas Bangker melempar senyum sinisnnya ke arah gue. Tuiiiiiiiiiiing plek. Jatuh deh tuh senyum belagu di hati gue. Dan gue ngerasa pingin muntah!
“Dhik, bener-bener nyari tarif murah?”tanya Bangker. Gue cuma diem. Cengok. Apaan sih! Dari tadi tarif murah-tarif muraaaaaaah terus.
“Bang maksud ente apa sih?”Arthur ikut nimbrung.
“Kalian ini kalau bohong jangan sama saya. Saya ini memang cuma kernet. Tapi saya kernet yang sudah ulung. Jadi akal-akalan kalian ini saya ngerti,” katanya bikin gue dan Arthur menjadi pusat perhatian.”Kalian ini belaga pake seragam cuma biar naik busnya  murah kan? Tapi sebenarnya kalian niatnya nggak ke sekolah kan? Saya kok mau di bohongi! Enak aja! Sini 2500!” Bangker jadi tambah galak.
“Maksudnya apa sih? Kita mau ke sekolah kok!”gue menyangkal.
“Halah! Hari gini nggak ada yang sekolah. Cepet! 2500!” Bangker terus mendesak.
Gue dan Arthur bingung. Tadi Bangker bilang kalo hari ini nggak ada yang sekolah? Ketinggalan berapa banyak berita sih gue. Apa semalem pemerintah juga mencanangkan progam wajib kawin bukan wajib belajar? Gue sih mau-mau aja kawin. Tapi Manohara sama Jill Gladys mau di poliklinik eh poligami nggak. Biar janda tetep yahud mereka.
“Cepetan 2500!” Bangker kembali malak.
“Bang, kasian donk! Belom sarapan nih.1000 ajalah” gue berusaha sebisa mungkin mengubah wajah gue menjadi melas (Yang ini gue juga ngerti! Mau dibolak-balik depan-belakang kanan-kiri juga tampang gue tetep melas tanpa harus dirubah) demi tarif seribu perak.
“Iya nih, Bang! Masa 2500?”Arthur turut mensponsori omongan gue. Kayaknya Arthur nggak terima temen sejatinya ini dituduh nyari tarif murah. Huhuhu...gue jadi terharu. Ternyata dia setia kawan juga huhuhu... sroooot...(ceritanya nyerot ingus).
“Seribu aja deh, Bang!” pinta  gue sekali lagi.
“Tarif pelajar kan 1000, Bang! Itu udah diatur dalam UU perlalu-lintasan, lho! UU no 14 tahun 1992!―bener nggak?” Arthur nengok ke gue. Gue cuma geleng-geleng. Orang gue juga nggak ngerti. Lagian Arthur ini nggak pernah ngerjain pr PKn aja belagu pake UU.
“Nggak bisa! 2500! atau saya  turunin kalian di sini, hah?!” ancam Bangker.
Kalo nggak inget ini udah jam mepet, gue bakal milih turun trus nyari bus lain, demi harga diri gue tetap utuh. Ya  udah deh terpaksa gue sama Arthur ngeluarin uang tambahan 1500 buat nutupin kurangannya tadi.
Setelah beberapa menit se-bus sama kernet berjiwa pemalak itu, gue dan Arthur dikeluarin dari bus dengan tidak terhormat. Dan untungnya sukses mendarat di atas tanah sekolah dengan selamat sentausa.
“Sialan tuh kernet! Masa tarif pelajar sejajar sama tarif umum? Itu bisa meredupkan semangat siswa yang ke sekolah naik bus. Trus akhirnya mereka males sekolah gara-gara berat di ongkos. Trus Indonesia bakal hancur karena pemuda yang tak berilmu,” cerocos Arthur berapi-api. Gue cuma diem ngerasa surprise. Apa gue sedang bercakap-cakap dengan Bung Tomo?
“Woi! Diem aja lo! Bener enggak?! Jadi orang tuh harus responsible terhadap semua hal.”
“BETUUUL! Bener-bener!” gue sok-sok an aja setuju cuma buat ngelegain Arthur.
“Gimana kalo kita demo aja ,Put?”
“Setuju!” jawab gue. Kali ini gue juga cuma asal jawab buat ngelegain do’i.
Arthur keliatan tertarik banget sama demo ini. Padahal nih demo nggak ada persiapan sama sekali. Mana  pasukannya cuma dua. Mau demo apa coba ?
Krkrkrkr ... tiba-tiba sebelum gue demo, perut gue udah demo duluan. Gue lupa kalo tadi critanya perut gue laper. Gue pun menghentikan langkah gue yang beriringan dengan Arthur. Mendadak Arthur juga ikut berhenti.
“Kenapa lo berhenti? Takut demo? Inget, Put! Kita demo agar tarif bus turun. Agar para siswa bisa sekolah tanpa beban!”
“Nggak gitu, Arthur! Tapi nih dengerin!” gue dorong kepala Arthur sampe kupingnya nempel di perut gue.
“Jenius, Put! Dengan suara gaduh perut lo, demo kita bakal tambah meriah!” pekik Arthur setelah denger bunyi-bunyi aneh di perut gue.
“Kasian lo, Thur! Nggak ada obat buat nyembuhin bego!” dengus gue desperate, ”THUR, PERUT GUE INI LAPER! GUE MAU MAKAN DULU, NGERTI?!”
“Sadar, Put! Seorang hero lebih mentingin bangsa dari pada perut!”
“Tapi, Put! Gue ini laper. Kalo mau demo tapi tiba-tiba perut berkokok trus pingsan gara-gara nggak kuat nahan laper gimana coba? Nggak jadi demo donk?! Trus bangsa nggak jadi terselamatkan dari kebodohan. Iya kan?!” gue mengumbar argumentasi secara jelas singkat dan padat biar skakmat tuh Arthur.
“Iya juga ya, Put?”Arthur keliatan blo-on,”Ya udah, Put! Sekarang seorang hero harus berazaskan utamakan perut dari pada bangsa. Iya nggak?”
“Ya terserah lo!” jawab gue bersungut-sungut. Arthur ini ternyata jiwa idiotisme-nya lebih tinggi dari yang gue bayangin.
Kami berdua kembali ke sekolah. Sejenak gue serasa homo jalan berdua-an aja ama  Arthur. Tapi it’s okay lah namanya juga prensip. Jadi rencananya kami mau makan di sekolah aja soalnya kalo di sekolah harganya lebih cocok sama saku anak sekolahan. Apa lagi buat anak yang abis dipalakin ama Bangker kayak gue ini.
Pas nyampe depan gerbang sekolah, ternyata sekolah sepi euy. Huh! Dasar muda-mudi sekarang emang pada males. Jam segini pada belum dateng. Pada lupa kalau pagi itu waktu paling tepat buat bikin contekan ya?
Nggak peduli sekolah lagi sepi atau rame, gue dan Arthur langsung menuju ke kantin. Ternyata kantin juga sama sepinya. Bahkan belum buka! Haduh...! Sabar ya perut.
“Lho, kalian masuk sekolah?” gue mendadak terlonjak saat tiba-tiba terdengar suara yang diiringi mendaratnya sebuah tepukan di pundak gue. Ternyata itu Pak Daud, penjaga sekolah. Beliau nampak heran memandangi kami berdua dengan kening keriting berkerut.
“Iya donk, Pak! Kita kan anak rajin!” ujar gue sambil membusungkan dada.
“Ada apa? Mau minta legalisir ijazah ya?” tanya beliau lagi.
“Ha?” gue dan Arthur langsung kompakan ber-ha.
“Aduh...kalau mau legalisir, petugas TU-nya baru masuk besok.” jelas beliau kelihatan sungkan.
“Legalisir ijazah? Kita kan masih kelas XI, Pak! Belum kelas XII! Jadi belum lulusan, Pak!” gue tertawa renyah berusaha menutupi suara hati yang menyuruh gue untuk memaklumi bahwa Pak Daud ini udah tua jadi maklum kalau pikun.
“Lho? Kalian baru kelas XI? Kalau begitu ngapain ke sekolah. Di sekolah sedang tidak ada kegiatan apa-apa. Eksul juga lagi libur.” jelas beliau lagi.
Nggak ada kegiatan apa-apa? Lah belajar itu emangnya nggak diitung kegiatan?
“Kan kita mau belajar, Pak!” ujar Arthur.
“Wah kalian ini hebat memang ya!” Pak Daud menepuk pundak gue lagi kagum. Sesaat kayak ada balon udara yang membawa gue terbang membumbung tinggi saking tersanjungnya atas pujian Pak Daud.
“Ya-ya-ya-ya! Sebentar lagi kan kalian sudah kelas XII. Jadi benar tindakan kalian. Belajar sedini mungkin. Tapi belajarnya di rumah juga bisa kan? Wong ini hari libur, ya kan?’ beliau tertawa lepas.
HA? Gue serta Arthur kontan kembali melongo. ”Hari libur gimana, Pak?” tanya gue dan Arthur bersamaan.
“Ya hari libur. Ini kan...” Pak Daud sejenak memandang kami tak percaya, “Jangan-jangan kalian lupa kalau ini hari pertama libur kenaikan sekolah?” mata Pak Daud membelo. Nggak cuma mata Pak Daud. Mata gue dan Arthur pun sama. Bahkan hampir copot saking nggak percayanya kalau ternyata ini hari libur.
Ya amplop! Jadi ini hari pertama libur kenaikan kelas? Ampyun deh! Gue bener-bener lupa. Oh...gue mulai ngerti kenapa bangker tadi nuduh nyari tarif murah. Itu pasti karena gue pake seragam di hari libur. Secara apalagi tujuannya pake seragam di hari libur kalau nggak biar tarif bus dimurahin. Tapi BTW, kenapa gue sama Arthur bisa sam-sama lupa ya? Trus habis itu jadi se-bus pula. Jangan-jangan gue emang jodoh sama Arthur. Aduh...jangan deh! Dapet Eyang Yati Pesek juga masih mau dari pada Arthur yang udah bego, laki pula, trus juga idup lagi! Haduh...ini gara-gara PIKUUUUUUN!











Tidak ada komentar: