Senin, 17 Februari 2014

Novel ditolak. Again.

Bad news? Of course. 
Am I sad? Not really.

Well, Nggak perlu ditanya lagi. Novel ditolak jelas salah satu berita buruk buat gue. Tapi, untuk penolakan kali ini gue lebih tabah. Nggak kayak penolakan pertama kali dulu. Sampe nangis segala macem. Hahahaha… Kayaknya, nyali gue udah bener-bener kebal sama yang namanya penolakan. Cerpen ditolak, novel ditolak, wirausaha gagal. Jadi gue santai-santai aja nih. Tapi kalau buat cinta ditolak, duhhh… belum pernah deh gue. Nggak tau juga deh ntar jadinya kayak apa kalau gue ngalamin cinta ditolak. Hahahaha… tapi kalau galau sih sering. Ups!

Oke-oke-oke. Makin ngelantur kan gue jadinya. Oke, go on. Well, hari ini, tanggal 17 Februari 2014, bertepatan dengan hari jadi kota Solo yang ke 269 gue dikejutkan dengan kedatangan paket warna cokelat. Di sampul paket itu ada tempelan alamat pengirim. Dan ternyata itu alamatnya Kompas Gramedia. Hmm… gue udah menduga-duga. “Ditolak nih pasti.” Sambil senyum-senyum gue bilang gitu. Pas gue buka, eh… bener. Ditolak.

Yah, fine. It’s okay. Di paket itu selain ada naskah novel gue yang dikembaliin, juga ada dua lembar surat. Surat pertama berisi surat penolakan. Di situ nggak dijelasin kekurangan dari novel gue apaan. 

Cuman ditulis gaya cerita kurang menarik/ tidak hidup. Lebih terperincinya nggak ada. Gue buka-buka naskah novel gue juga bersih. Gue curiga. Jangan-jangan sang editor baru baca paragraf pertama aja udah ilang mood duluan. Trus, nggak dilanjutin baca paragraf berikutnya. Makanya naskah gue bersih-sih-sih. Blas nggak ada coret-coretnya.

Trus, surat kedua isinya penawaran cara penerbitan buku secara on line. Lewat e-mail gitu-gitulah. Nggak begitu tertarik gue. Atau, belum begitu tertarik—lebih tepatnya.

Well, gue akuin juga masih ada banyak kesalahan di novel gue ini. Alur ceritanya masih kekanak-kanakan. Nggak mateng. Sinetron banget. Iyuuuuh! Gue sendiri juga baru nyadar akhir-akhir ini. Apaaaa coba yang dulu gue pikirin sampe berani-beraninya nulis novel kayak begitu. Kurang riil aja gitu.

So, for next. Kayaknya gue bakal membidik penerbit lain. Bentang, mediapress, plot point. Masih banyak kok penerbit lainnya. Yang jelas, gue nggak bakal nyerah. Ada tulisan transparan nih di jidat gue. “Maju Jaya” Tuh kan, udah kayak nama toko bangunan, kan?

Oke, allright. See you in the next post! Keep fighting, guys! I’m here also fight for my dreams :)

Tidak ada komentar: