Selasa, 08 Oktober 2013

Sejarah vs Ekonomi (Maksud looooh?)

Hai! Assalamu'alaykum wr.wb. Ada cerita lucu hari ini. Ceritanya gini, gue tadi balikin buku ke perpus. Buku yang gue balikin di antaranya; buku Sejarah Asia Selatan, Sejarah India, Sejarah Masa Prakasara, Buku  tentang kewirausahaan, dan satu buku tentang kesehatan. Nah, lucunya tuh gini. Pas gue lagi ngantri balikin tuh buku di meja pengembalian, gue ketemu temen lama gue. Dia anak Fakultas Ekonomi jurusan Ekonomi pembangunan. Pas awal ketemu, biasalah. Hai, bro! Lama nggak ketemu bla-bla-bla-bla…. Heboh-heboh kecil gitulah.

Nah, trus dia nanya. “Ris, lo minjem buku apaan?” tanyanya. Ya gue jawab, “Buku sejarah dong. Anak sejarah!” jawab gue bangga. (Yup! Gue sekarang udah nggak masalah sama jurusan yang gue tempatin.)
Nah trus, giliran gue tanya, “Lo sendiri pinjem buku apaan?”
Dia nunjukin bukunya. “Nih, ekonomi gitulah. Duit-duit-duit muluk!”
“Oh…” gue cuma manggut-manggut sambil ngeliatin buku ekonominya yang bergambar duit logam sama timbangan, trus ada gambar bapak-bapak yang kayaknya ahli ekonom gitu.

“Eh liat dong. Sejarah tuh pelajarannya kayak apa, sih!” Tiba-tiba dia ngerebut salah satu buku gue yang ada di tumpukan paling atas. Dan, tiba-tiba dia ketawa. Kenapa dia ketawa? Karena yang dia liat adalah buku Sejarah Masa Praaksara, yang cover-nya bergambar manusia purba, yang tampangnya masih kayak monyet, kulitnya item, kagak pake baju, dan posenya lagi ngasah-ngasah batu. Nah lo, purbakala banget, kan? Jadilah dia mengasumsikan anak sejarah itu bergaulnya cuma sama manusia purba terus. Sialan! Gue jelasin ke dia kalau di sejarah itu yang dipelajarin nggak Cuma manusia purba. Tapi juga ada sejarah Asia Tenggara, Asia Selatan, ntar juga bakalan ada sejarah peradaban islam, eropa, segala macemlah. Eh… tapi dia kagak percaya. Dia udah telanjur hepi ngeledekin gue.

“Lu gaulnya sama manusia purba? Yaelah… masih mendingan Budi Anduk kemana-mana nih!” Dia ketawa menang.

Gue jelas tengsin. Bukan karena gue anak sejarah. Bukan. Sekali lagi, gue sih udah nggak masalah perihal gue ketrima di jurusan sejarah. Yang bikin gue malu adalah, kenapa yang dia liat musti buku sejarah masa praaksara? Tuh buku kan isinya cuma manusia purba semuaaaa! Trus, kenapa juga tuh buku musti dicoverin gambar manusia purba yang nyaris telanjang gitu? Mending kalau bodinya si manusia purba itu seksi. Lah itu, udah item, dekil, tampang masih kayak monyet, posenya lagi ngasah-ngasah batu pulak. Gubraaaak…. Bikin malu aja!

Trus, gue ngelirik buku yang dibawa sama temen gue anak ekonomi itu. Nah lo, bukunya elegan bener. Gambarnya duit logam emas, ada timbangannya juga yang melambangkan keadilan, trus ada gambar bapak-bapak ahli ekonom yang palanya udah botak pertanda kalau tuh bapak pasti pinter banget dah. Gilaaaak… si bapak kalau dibandingin sama manusia purba mau nggak ya? Toeeeeeooooeeeeng…. (Jelas kagak! Pake nanya!)

Yah  sudahlah, itu sekilas cerita lucu hari ini. Mungkin next time bakalan ada cerita konyol lagi. Bakalan gue share deh. Itung-itung buat nunjukin kalau gue udah beneran hepi. Hepi cuuuuy! Iye-iye udah hepi sekarang. hehehehe….

Wassalamu'alaykum wr.wb see you :)

Tidak ada komentar: