Senin, 21 Oktober 2013

Mimpi, harapan, dan doa gue akhirnya terjawab :)

Hai! Assalamu'alaikum wr wb.
Hari ini, kalian tau apa, kayaknya cerpen gue bakalan dimuat deh di salah satu media. Soalnya, tadi jam 9 malem gue buka FB dan ada pesan dari admin media itu yang bunyinya gini:

Hallo.. Apakah benar kamu yang mengirimkan novelet berjudul: HAPPY BAD DAY atas nama Aristi Aminna Dian Pradana? Nomor telepon yang tercantum di dalam naskah yaitu: 085 6282 0446 ternyata sudah tak aktif lagi.
Bisa tolong kirimkan nomor teleponmu yang masih aktif di sini, agar sekred kami bisa menghubungimu?
terima kasih.

Huaaaa....... pengen teriaaaaaaaaaaaaaaaak. Akhirnya cerpen gue bakalan dimuat. Cerpen gue dimuat! Cerpen gue dimuat! Cerpen gue dimuat! Uhuuuuuuuuuy!!!!!!
O-em-ji. Kalian tau, sebenernya pas si mbak medianya itu ngirim pesan ke gue, gue rada-rada bingung. Ha? Cerpen Happy Bad-Day? Emang gue pernah nulis? Trus gue inget-inget. Eh, iya gue pernah nulis. Yang ceritanya dua sahabat, salah satunya iri itu ya?
Gue cari di laptop. Iya beneran ada. Tuh cerpen beneran punya gue hehehe. Kirain salah kirim doang tuh mbak medianya. Habis gue udah lama banget bikin tuh cerpen. Trus, hari gini baru dikabarin. Oktober 2013! Kapan gue ngirimnya aja gue lupa! Bahkan, gue juga lupa kalau pernah bikin tuh cerpen.
Ya udah, begitu gue ketemu sama file tuh cerpen di laptop gue, langsung deh gue baca. Eeee... ternyata ceritanya bukan dua sahabat itu. Ceritanya ada cewek namanya Naya. Dia ulang tahun, tapi apes terus. Makanya gue kasih judul Happy Bad-Day. Aji gileeeee.... parah banget ya gue, cerpen sendiri sampe lupa. Ya iyalah, gue udah banyak banget bikin cerpen (Dan semua itu sukses ditolak media. hehehe)

Trus-trus-trus, gue penasaran emangnya gue bikin tuh cerpen kapan? Gue liat tanggalnya, eh ternyata gue bikin di tanggal 6 Juni 2012. Padahal sekarang tanggal 21 Oktober 2013.
Trus, gue liat di akun yahoo email gue. Kapan gue ngirim tuh cerpen? Ternyata gue kirim tuh cerpen tanggal 18 Juni 2012. Dan gue baru dikabarin kalau cerpen gue bakalan dimuat hari ini. Tanggal 21 Oktober 2013. Bujuhbuseeeet..... setaun lebih. Dua kali lebaran. Kayak bang toyib!

Well, di cerpen yang gue tulis tahun lalu itu keliatan banget bedanya. Di cerpen itu kerapihan menulis gue masih jelek. Parah abis. Miskin tanda koma. Alias bablas aja kalimatnya. Padahal lebih enak dibaca kalau dikasi tanda koma. Pemilihan diksi, dll gue rasa juga masih kurang. Tapi, gapapa lah... yang penting ketrima. (Semoga. Jujur gue belum lega nih kalau belum ada kabar selanjutnya. jangan-jangan nggak jadi dimuat, lagi. Huaaaa.... bakal kecewa berat nih gue ntar....)

Trus, apalagi yaaaa....
nah, gue berencana besok pas kuliah gue mau duduk di bangku tengah, atau paling belakang deh. Biar ntar kalau tiba-tiba ada telepon dari admin media itu, gue bisa ngangkat teleponnya tanpa ketauan dosen. hehehe... lagian besok pelajarannya ngeboringin. Ilmu pendidikan sama Pancasila. Dari SD sampe SMK udah dapet terus tuh pelajarannya. Bete, kan? (Malah curcol)

Trus.... emmm....
O ya, gue juga udah nulis nomor rekening, cabang bank, dan atas nama rekening di kertas. NGgak cuma sekali aja gue nulisnya. tapi rangkap tiga. Satu, gue kantongin. Satu lagi taruh tas. Satu lagi taruh tempat pensil. Biar kalo pas admin medianya itu nelepon, trus nanyain nomor rekening bisa langsung gue sebutin gitu loh. biar duitnya juga lebih cepet ditransfer. hehehehe

Trus... apalagi ya yang mau gue ceritain...
O ya, akhir-akhir ini kan gue juga sempet ngirim cerpen ke beberapa media. Nah, akhir-akhir ini gue juga baru tau kalau cara ngirim cerpen tuh ternyata harus melampirkan surat pengantar. Padahal, di cerpen gue yang bakalan dimuat itu, yang happy bad day itu, gue bener-bener polos ngirimnya. Tanpa surat pengantar. Cuma naskah cerpen sama biodata. E... tapi ternyata lolos juga. (Walaupun nunggu setaun lebih, sampe lupa) hihihi....

Huaaaa.... seneng banget. pengen teriakkkkkkkkkkk! Tapi sayang, sekarang sudah jam 23.17. Bakal dikira gue kemalingan kalau teriak malem-malem gini. hihihi....
Anyway,ada satu hikmah dari kejadian ini. Jangan berhenti berharap. Wuuuusssss.... sok bijak banget nih gue...
Tapi, ya kenyataannya begini. Gue kira cerpen gue udah wassalam karena di media itu dibilangin kalau proses seleksi novel butuh waktu 6 bulan. Nah, selama 6 bulan lebih kemarin gue nggak dikasi kabar. Ya berarti cerpen gue KO. NGgak lolos. Eh, taunya satu tahun lebih 4 bulan gue dikasi kabar cerpen gue dimuat. hueheeee....

Rasanya, satu mimpi gue udah tercapai. Rasa lelah gue terjawab sudah. Wussss... (aduuuuh.... jangan diledekin terus) Serius. Walaupun kedengeran lebai. Berlebihan. Tapi ya, mimpi gue salah satunya adalah bisa jadi penulis novel. Penulis cerpen. Pokoknya gue pengen jadi pencipta karya sastra. Gue udah jungkir balik untuk meraih mimpi gue itu. Nulis cerpen berulang kali, bolak-balik toko buku cuma buat diem-diem buka segel majalah (buat ngecek cerpen gue dimuat kagak), update internet nyari-nyari lomba cerpen, berulang kali kecewa karena cerpen gue nggak dimuat, kerja sama bareng guru gue bikin novel pendek yang cuma bakal diterbitin kawasan lokal, trus dulu jaman gue belum punya laptop gue sering capek-capek nulis di buku, gue tulis yang rapiiiiiiiiiiii banget, trus gue pakai jasa pengetikan di rental (dan hasil ketikan para pegawai rental itu buruk banget. banyak yang salah ketik. padahal syarat biar cerpen dibaca oleh editor adalah bebas salah ketik) abis gue ketikan gue kirim lewat pos ke jakarta. Trus, gue sempet baca kalau biar menarik editor, biar dibaca duluan, packaging-nya harus menarik. Yaudah, gue bikin amplop sendiri dari kertas kado warna pink bergambar kucing. Tapiiii.... gue malu. Jadinya gue tetep pake amplop cokelat itu. Gue kirim ke media. Dan ditolak. Dan gue kecewa. Dan gue bangkit lagi. Dan gue nulis lagi. Dan gue ditolak lagi. Dan gue kecewa lagi. Hingga akhirnya cerpen gue dimuaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaat hehehehehe....

gilaaaak.... Gue tau gue mungkin rada lebai. Tapi yaaaa... salah satu target gue akhirnya kesampaian. Hiks hiks....

Trus, tadi pas gue buka akun yahoo gue, gue buka bagian pesan terkirim. Gue baru nyadar kalau selama ini gue udah banyak banget ngirim cerpen ke media, dan ditolak. Ada kali 13 cerpen. Kapan-kapan deh gue muat. Tapi cerpennya jelek banget. Pas gue baca aja gue ngerasa ilfil sendiri. Ancur banget. hehehe... Ya, waktu itu gue sedang dalam proses menemukan karakter kepenulisan gue, dan dalam proses memahami arti menulis sesungguhnya. Wuidiiiih.... ajib bener bahasa gue!
Tapi ya emang bener begitu. Setelah sekian lama gue menulis, akhirnya gue kenal sama karakter kepenulisan gue sendiri. Gue menemukan dengan gaya menulis yang kayak gimana gue merasa nyaman. Kalau dulu sih gue nulis masih ikut-ikutan. Kayak misal, cara nulisnya Dewi Lestari bagus. Gue ikutin gaya nulisnya. Tapi gue cuma bisa niru gaya nulisnya aja. Tapi gue nggak bisa niru soul-nya. Sama halnya kayak melukislah. Seseorang niru gaya melukis Van Gogh misalnya. Bisa mirip. Persis malah. Tapi tetep aja karya itu nggak ada soul-nya. Cuma sekedar bagus. Tapi nggak ada soul-nya. Karena itu cuma sebatas meniru. This is art, you know. Seni itu harus ada rasa, karsa, jiwa, raga, budaya, gemah ripah loh jinawi, indonesia sejahtera. (Gue ngomong apa sih?)
Ya pokoknya gitulah. Seni itu nggak cuma dinilai lewat panca indera. Tapi hati juga ikut menilai, men. Apapun jenis seni itu. Seni musik, seni tari, seni lukis, seni sastra, seni air, air seni. Hehehehe...

Ya udah deh, gue udah mulai ngantuk nih. O ya, anyway ini H-5 menjelang kontes pidato gue. Doain yaaaa hehehe :D

aduuuh... nggak sabar nunggu besok. Mbak admin mau nelepon gue kapan ya? Pagi, siang, sore, malem? kan kutunggu selalu telepon darimu wahai Mbak Admin :)